Sunday, February 19, 2012

Busi

Busi (dari bahasa belanda bougie) adalah suatu suku cadang yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektroda pada ruang bakar.busi dipasang untuk membakar bensin yang telah dikompres oleh piston.percikan busi berupa percikan elektrik.dengan kabel ke koil pengapian(ignition coil) diluar busi,dan dengan ground pada bagian bawah busi,membentuk suatu celah percikan didalam silinder. hak paten untuk busi diberikan secara terpisah kepada nikola tesla,richard simms,dan robert bosch. karl benz juga merupakan salah satu yang dianggap sebagai perancang busi.
Cara kerja busi :
mesin pembakaran internal dapat dibagi menjadi mesin dengan percikan, yang memerlukan busi untuk memercikan campuran antara bensin dan udara,dan mesin kompresi(mesin diesel),yang tanpa percikan, mengkompresi campuran bensin dan udara sampai terjadi percikan dengan sendirinya (jadi tidak memerlukan busi).
Busi tersambung ke tegangan yang besarnya ribuan volt yang dihasilkan oleh coil pengapian (ignition coil). tegangan listrik dari coil pengapian menghasilkan beda tegangan antara elektroda dibagin tengah busi dengan yang di bagian samping. arus tidak dapat mengalir karena bensin dan udara yang ada di celah merupakan isolator,namun semakin besar beda tegangan,struktur gas diantara kedua elektroda tersebut berubah.pada saat tegangan melebihi kekuatan dielektrik dari pada gas yang ada gas gas tersebut mengalami proses ionisasi dan yang tadinya bersipat insolator, berubah menjadi konduktor.
Setelah ini terjadi, arus elektron dapat mengalir dengan mengalirnya elektron suhu dicelah percikan busi naik drastis, sampai 60.000 k.suhu yang tinggi ini membuat gas yang terionisasi untuk memuai dengan cepat, seperti ledakan kecil inilah percikan busi, yang pada prinsipnya mirip dengan halilintar atau petir mini.......

0 komentar:

Post a Comment