Friday, April 6, 2012

Saringan udara

Filter atau saringan udara pada mobil sangat vital. Filter berfungsi menyaring kotoran yang larut dalam bahan bakar sebelum masuk pada ruang bakar. Jadi jika kondisi filter kendaraan anda sangat kotor, udara yang akan masuk ke dalam mesin akan tersendat, sebab pori-pori elemen tertutup kotoran akibat debu yang sudah menumpuk, sehingga campuran udara dengan bakan bakar tak seimbang. Untuk itu sepatutnya anda memperhatikan kondisi komponen filter mobil anda agar kendaraan tidak mudah mogok.

Cara membersihkan filter anda cukup membutuhkan bantuan udara bertekanan tinggi dari kompresor, agar kotoran tak tersisa, sebaiknya anda menyemprotkan bagian luar casing, lalu di lanjutkan dengan bagian dalamnya. Hal ini sebaiknya dilakukan jika filter udara bagian dalamnya berelemen atau terbuat dari kertas berpori.  Jika filter udara berbahan dasar spons, anda dapat menggunakan shampoo rambut yang tidak mengandung conditioner. Caranya siapkan tabung penyemprot yang sudah diisi air, berikut kuasanya. Lalu campur air yang ada didalam tabung penyemprot dengan shampoo secukupnya. Kemudian siram filter udara dengan air. Jangan lupa untuk membersihkan kotoran bagian luar dengan kuas. Setelah menyemprotkan air dan shampoo pada saringan sebaiknya anda mendiamkan beberapa saat. Kemudian bilas filter udara dengan air yang dialirkan dari arah dalam ke bagian luar. Ulangi langkah ini beberapa kali hingga filter terasa bersih dari kotoran dan tidak ada yang menempel lagi.

Terakhir jika anda yakin filter udara telah bersih, keringkan dengan diangin-anginkan di tempat teduh dan bertekanan udara rendah. Jangan menjemurnya di bawah sinar matahari karena akan menciut karena filter air yang berbahan kain kasa mudah menyusut. Sebelum memasang kembali, anda dapat mengoleskan oli pada filter udara.

0 komentar:

Post a Comment