Friday, April 6, 2012

Water pump

Ketika sedang asyik bermacet ria di gerbang tol dalam kota, saya perhatikan jarum termperatur kok merambat naik. Yang biasanya manteng di 1/2 kurang dikit, kali ini sudah lewat dari 1/2. Nah lho? Kenapa lagi nih?

Untungnya gak berapa lama bisa lewat di gerbang tol. Untungnya lagi di gerbang tol ada toilet. Jadi saya bisa berhenti dulu. Waktu berhenti, jarum temperatur sudah masuk ke batas merah. Ketika radiator diperiksa, ternyata airnya sudah banyak berkurang. Saya tambah air, di-bleeding, trus melanjutkan perjalanan lagi ke kantor. Sepanjang perjalanan, jarum temperatur manteng di 1/2 kurang dikit.

Namun kira-kira 2 hari kemudian, ketika kena macet lagi, jarum temperatur merambat naik lagi. Waduh, apa ada yang bocor ya? Ketika diteliti, tidak ada kebocoran dari radiator maupun dari selang-selang radiator. Cuma ketika diperhatikan lagi, memang ada air yang menetes dari arah mesin. Tetesan air ini tidak ada kalau saya cek pagi-pagi sebelum mobil dipakai.

Berdasarkan info dari milis BMW, saya disarankan untuk mengecek water pump nya. Mungkin water pump nya sudah rusak, diganti aja, murah kok harganya. Ada juga sih pengalaman teman yang bukan water pump nya yang rusak melainkan water pump housing nya keropos dan bocor. Nah, kalau water pump housing nya yang bocor, ngebenerinya lumayan karena harus turun setengah mesin.

Mobil tua akhirnya saya bawa ke dr. Anugrah. Dalam hati saya berharap, moga-moga hanya water pump nya saja yang rusak. Ternyata setelah dicek, memang benar water pump nya rusak. Bukan cuma rusak tapi patah! Kalau housing nya sih masih bagus.

Broken Water Pump
Water Pump Housing
Kebetulan karena tutup radiator juga sudah rusak, sekalian aja beli tutup radiator baru.
Tutup Radiator
Setelah diganti water pump, alhamdulillah, sekarang jarum penunjuk temperatur kembali anteng di 1/2 kurang dikit.


                                                                     baca yuk....tentang :
                                                               CARA KERJA KOPLING




                                                       

0 komentar:

Post a Comment